Jomblo dan Kapitalisme

Beberapa hari yang lalu aku berdiskusi dengan kawanku, sebut saja Gondrong. Kita membahas seputar kapitalisme. Singkat cerita ada satu hal yang menarik dari bahasan si Gondrong. Gondrong menjelaskan bahwa kapitalisme itu mengatur kita dari bangun tidur sampai kita tidur kembali, dan Gondrong merasa bahwa ia menjomblo hari ini karena kapitalisme.

Pendapat si Gondrong yang merasa bahwa ia jomblo karena kapitalisme ini menarik untuk dibahas, maka dari itu aku mencoba untuk membahas pendapat si Gondrong ini secara singkat.

Banyak yang berpendapat bahwa jomblo ada hari ini dikarenakan konstruksi fisik (cantik/ganteng) para jomblo. Padahal tidak ada definisi cantik/ganteng sebenarnya. Nah, disinilah kapitalisme hadir melalui produk produk kecantikan. Ditambah konstruksi fisik yang digemborkan oleh media bahwa cantik dan ganteng itu kondisi fisiknya putih, mancung, tinggi, langsing.

Kondisi ini seakan dipermanenkan oleh kapitalisme sebagai perempuan dan laki-laki ideal. Dengan ketidaksadarannya perempuan dan laki-laki yang tidak masuk dalam kriteria tersebut mulai tersingkir, dan berbondong bondong mengonsumsi produk yang ditawarkan oleh kapitalis sebagai solusi untuk mencapai kriteria perempuan dan laki-laki yang ideal. Disinilah mungkin si Gondrong merasa bahwa ia menjomblo hari ini karena kapitalisme.

Kapitalisme semakin kesini malah semakin membabi buta. Bentuknya pun sudah tidak sesederhana apa yang dikonsepsikan oleh Karl Marx. Kapitalis telah memperkuat dirinya dengan berbagai macam penjelmaan. Kapitalisme tidak hanya menjadikan laki-laki sebagai budak untuk diperas tenaganya dalam relasi produksi (penindas-ditindas), namun telah menjadikan perempuan dan laki-laki sebagai objek yang diperas ekonominya. kapitalis telah menjelma menjadi sosok malaikat penolong manusia, membuat manusia tak sadar, lalu memakannya.

Maka dari itu teruntuk jomblo yang merasakan keresahan yang sama seperti si Gondrong tidak perlu khawatir. Mari kumpulkan jomblo-jomblo untuk melawan konstruksi fisik yang dibuat oleh kapitalis, dan kembalikanlah konstruksi fisik yang semula ada.

Ayo jomblo sedunia, bersatulah!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Catur dan Investigasi Sosial A la Gondrong

Profilku

Gocekan A la Pemerintah Zaman Now